FIFA Usulkan Piala Dunia Diikuti 40 Tim

FIFA Usulkan Piala Dunia Diikuti 40 Tim

FIFA Usulkan Piala Dunia Diikuti 40 Tim

FIFA Usulkan Piala Dunia Diikuti 40 Tim

Komite Eksekutif (Exco) FIFA akan mengadakan rapat di Zurich, Swiss, pada Kamis (3/12/2015). Salah satu agenda rapat adalah pembahasan proposal penambahan jumlah peserta Piala Dunia.

FIFA akan mendiskusikan kemungkinan penambahan jumlah peserta putaran final Piala Dunia. Jika usulan ini bisa terealisir, maka nanti mulai tahun 2026 mendatang akan ada 40 tim yang bertarung.

Pada 1982-1994, putaran final Piala Dunia diikuti oleh 24 tim. Jumlah tersebut bertambah delapan tim menjadi 32 sejak 1998.

Penambahan jumlah peserta putaran final Piala Dunia bisa diputuskan langsung oleh Komite Eksekutif FIFA dan mereka tidak perlu menunggu kongres FIFA untuk mendapatkan persetujuan.

Jika rencana tersebut disetujui, nantinya akan ada delapan grup di putaran final Piala Dunia dan masing-masing grup berisi lima tim. Bertambahnya jumlah peserta juga berarti akan ada 32 pertandingan tambahan di babak penyisihan grup. Jumlah total pertandingan di putaran final Piala Dunia pun akan bertambah menjadi 96 pertandingan. Tentunya turnamen akan berjalan sepekan lebih lama, yang biasanya hanya digelar selama 31 hari.

Usulan penambahan peserta Piala Dunia ini, mulanya diungkapkan mantan Presiden UEFA Michel Platini pada tahun 2013.

Tapi, sebelumnya salah satu kandidat Presiden FIFA, Gianni Infantino, juga mengusulkan ide yang sama. Menurut dia, inovasi ini membuat perhelatan Piala Dunia bakal lebih kompetitif.

Sebelumnya, pejabat Presiden FIFA Issa Hayatou mengatakan perlu adanya program reformasi. Dalam sebuah konferensi pers, Hayatou mengakui reformasi diperlukan untuk membangun kembali reputasi organisasi yang sudah tercoreng.

Rapat Exco FIFA di Zurich sempat diwarnai insiden penangkapan dua petinggi FIFA dari sebuah hotel berbintang lima. Mereka ditangkap atas tuduhan suap bernilai jutaan dolar AS.