Tiga Negara Kuat Gagal Lolos ke Piala Europa 2016

Tiga Negara Kuat Gagal Lolos ke Piala Europa 2016

Tiga Negara Kuat Gagal Lolos ke Piala Europa 2016

Tiga Negara Kuat Gagal Lolos ke Piala Europa 2016

Tidak semua negara kuat yang memiliki sejarah panjang di persepakbolaan Eropa yang berhasil lolos ke Piala Europa 2016 yang diadakan di Prancis musim panas tahun depan. Ketiga negara tersebut adalah Belanda, Yunani dan Denmark.

Der Oranje –julukan Belanda– gagal melaju setelah hanya finis di posisi empat Grup A Kualifikasi Piala Europa 2016. Robin van Persie dan kawan-kawan gagal bersaing dari Republik Ceko, Islandia dan Turki yang berhasil lolos ke turnamen empat tahunan tersebut.

Sementara Denmark, sebenarnya berhasil finis di posisi tiga grup I setelah finis di bawah Portugal serta Albania. Finis di posisi tersebut membuat mereka melaju ke babak playoff. Namun, mereka disingkirkan Negara Skandinavia lainnya, Swedia, dengan agregat 3-4 di babak penentuan tersebut.

Nasib paling miris dialami Yunani. Di saat negara yang berada di Eropa Selatan itu dilanda krisis ekonomi, sepakbola diharapkan mampu mengangkat harkat dan martabat negara. Namun, kenyataan tak sesuai harapan.

Yunani terbenam di dasar klasemen grup F dengan koleksi hanya enam poin. Tim asuhan Michael Skibbe tersebut bahkan berada di bawah Kepulauan Faroe yang biasanya menjadi bulan-bulanan negara Eropa lain.

Ketiganya layak disebut negara kuat, dikarenakan terhitung dari sejak 2000, ketiga negara tersebut hampir rutin lolos ke turnamen Piala Dunia maupun Piala Europa.